Cara Menganalisis Hasil Iklan Facebook Anda: 7 Metrik untuk Dilacak: Penguji Media Sosial
Iklan Facebook Manajer Iklan Facebook Facebook / / September 26, 2020
Tahukah Anda jika iklan Facebook Anda berfungsi? Ingin tahu metrik utama mana yang harus Anda lacak?
Dalam artikel ini, Anda akan menemukan tujuh metrik iklan Facebook penting yang perlu Anda ketahui, di mana menemukannya di Pengelola Iklan, dan apa yang harus dilakukan jika Anda tidak mendapatkan hasil yang diinginkan.
# 1: Laba atas Belanja Iklan
Laba atas belanja iklan (ROAS) adalah jumlah pendapatan yang dihasilkan untuk setiap dolar yang dibelanjakan untuk iklan. Dan, singkatnya, ini adalah metrik yang digunakan untuk langsung memahami hasil iklan Facebook dan Instagram Anda. Saya menganggapnya sebagai Cawan Suci metrik iklan — memastikan bahwa setiap dolar yang Anda investasikan dalam upaya periklanan Anda mengembalikan Anda (setidaknya) satu dolar dalam pendapatan.
Rumus untuk menghitung ROAS sederhana: Pendapatan ÷ Belanja Iklan = ROAS.
Anda menentukan pendapatan total yang dihasilkan menurut piksel Facebook (di bawah pembelian nilai konversi di Manajer Iklan) dan membaginya dengan total pengeluaran iklan yang diperlukan untuk membuatnya pendapatan.
Izinkan saya mengilustrasikan: Anda menjual 10 unit produk seharga $ 27 dari Anda Urutan iklan Facebook minggu lalu, menghasilkan pendapatan $ 270. Untuk melakukan penjualan tersebut, Anda menghabiskan $ 54 untuk iklan Facebook.
Pendapatan ÷ Belanja Iklan = ROAS
$270 ÷ $54 =5x
Itu x adalah kelipatan 1. Dalam kasus ini, setiap kali Anda memberi ATM Facebook satu dolar, itu menghasilkan pendapatan $ 5 — atau 5 kali lipat $ 1.
Jika Anda seperti saya, Anda pasti ingin memiliki mesin bank yang mengeluarkan uang $ 5 setiap kali Anda melakukan setoran $ 1, tetapi tidak selalu demikian dalam dunia periklanan Facebook. Perhatikan ROAS Anda untuk memastikan iklan Anda menguntungkan.
Bila ROAS Anda positif (kelipatannya lebih dari 1), dana periklanan Anda menghasilkan lebih banyak pendapatan daripada jumlah yang dibelanjakan untuk iklan.
Sebaliknya: Anda pembuatan uang.
Jika ROAS Anda negatif (kelipatan kurang dari 1), Anda membelanjakan lebih banyak untuk iklan daripada jumlah pendapatan yang dihasilkan.
Sebaliknya: Anda kekalahan uang.
Perhatikan bahwa perhitungan di atas tidak memperhitungkan biaya lain dalam menjalankan bisnis seperti biaya tim Anda, alat dan perangkat lunak, dan etalase (apakah lokasi fisik atau etalase digital seperti situs web). Saya menyarankan agar Anda memperhitungkan sisa biaya variabel Anda saat menghitung ROAS untuk mendapatkan laba atas investasi (ROI) secara keseluruhan.
Untuk melakukan itu, ambil jumlah total pengeluaran iklan Facebook ditambah sisa pengeluaran Anda dan bagi dengan total pendapatan Anda:
Pendapatan ÷ (Belanja Iklan + Beban) = ROI
Cara termudah untuk membagi biaya dan pengeluaran iklan Anda dalam irama bulanan; untuk memvisualisasikannya, menghitung pendapatan bulan Januari lalu membaginya dengan jumlah belanja iklan bulan Januari dan biaya lainnya untuk bulan itu.
Kembali ke contoh sebelumnya, Anda menghabiskan $ 54 untuk iklan minggu lalu untuk menghasilkan pendapatan $ 270. Dan Anda juga mengeluarkan $ 73 dari biaya variabel lainnya. Jika Anda memasukkan angka-angka itu ke rumus di atas, ROI Anda adalah 2,13x.
$270 ÷ ($54 + $73) = 2.13x
Untuk setiap dolar yang Anda belanjakan, Anda mendapatkan $ 2,13.
# 2: Nilai Konversi Pembelian
Facebook membeli metrik konversi melacak nilai total pembelian yang dilakukan dari upaya periklanan Anda.
Faktanya, Facebook membuatnya sangat mudah untuk memahami total pendapatan yang dihasilkan dari iklan Anda dengan menunjukkan nilai konversi pembelian di dalam Manajer Iklan.
Anda dapat menghitung angka ini secara manual dengan masuk ke akun PayPal Anda atau bahkan mesin kasir Anda dan menentukan bahwa pendapatan berasal dari iklan ini. Namun, cara termudah untuk menghitung nilai konversi pembelian adalah dengan memasang piksel Facebook.
Memasang piksel melibatkan penambahan potongan kecil kode ke situs web Anda yang memungkinkan Facebook mengetahui bahwa iklan ini menghasilkan pendapatan itu. Jika Anda belum memasang piksel Facebook, jangan khawatir! Video ini memandu Anda melalui proses:
Untuk menghitung nilai konversi pembelian Anda secara manual, ambil jumlah item yang terjual dan kalikan dengan harga pembeliannya.
# Item Terjual x Biaya Item = Nilai Konversi Pembelian
Pada contoh sebelumnya, Anda menjual 10 item dengan harga masing-masing $ 27 sehingga nilai konversi pembelian adalah $ 270:
10 x $ 27 = $ 270
Nilai konversi pembelian kemudian digunakan untuk menghitung ROAS bersama dengan belanja iklan Anda.
Semuanya mungkin baik-baik saja dan keren jika nilai konversi pembelian Anda positif, tetapi bagaimana jika nilainya sangat besar? Itu berarti milik Anda Iklan Facebook tidak berfungsi.
Jika iklan Facebook Anda berfungsi dan Anda melakukan penjualan, nilai konversi pembelian akan menjadi angka positif. Tetapi jika Anda melihat nol, biasanya itu berarti ada yang salah dengan iklan Facebook Anda atau dengan proses penjualan secara keseluruhan.
Metrik berikutnya yang kami bahas akan membantu Anda mengidentifikasi di mana letak kemacetannya.
# 3: Biaya per Pembelian
Saya suka melihat biaya per pembelian, yang juga biasa disebut sebagai biaya per akuisisi (CPA). Kedua frasa tersebut dapat digunakan secara bergantian.
Biaya per pembelian adalah cara cepat untuk mengukur apakah Anda menjual produk individual dengan untung atau rugi setelah memperhitungkan biaya belanja iklan Anda. Ini memberi tahu Anda total pengeluaran iklan yang diperlukan untuk menjual satu unit produk. Ini juga dapat digunakan untuk menghitung margin keuntungan Anda dengan cepat pada setiap item.
Dengan memasang piksel Facebook, Facebook secara otomatis menghitung ini untuk Anda di bawah kolom Biaya per Pembelian di Manajer Iklan.
Anda dapat menggunakan angka ini dan nilai konversi pembelian yang kami bahas di atas sebagai cara alternatif untuk menentukan ROAS Anda.
Mari kita ilustrasikan menggunakan angka-angka pada tangkapan layar di atas.
Nilai Konversi Pembelian ÷ Biaya per Pembelian = ROAS
$1,735.20 ÷ 399.85 = 4.34
Selain itu, dengan mengurangkan biaya per pembelian dari harga produk, Anda dapat menentukan margin keuntungan:
Harga Produk - Biaya per Pembelian = Margin Keuntungan
Dalam contoh ini, Anda menghabiskan $ 54 untuk iklan Facebook minggu lalu untuk menjual 10 unit. Itu berarti belanja iklan Anda per unit akan menjadi $ 5,40:
$54 ÷ 10 = $5.40
Dengan produk yang dijual seharga $ 27 dengan biaya pengeluaran iklan $ 5,40, Anda memiliki margin keuntungan $ 21,60.
$27 – $5.40 = $21.60
Ingatlah untuk memperhitungkan biaya variabel Anda sehingga Anda dapat memahami sekilas apakah biaya per pembelian Anda — apa yang Anda belanjakan untuk mendapatkan pelanggan baru — relevan untuk bisnis Anda.
Jika margin keuntungan Anda adalah angka positif (lebih dari $ 0), dana periklanan Anda menghasilkan lebih banyak pendapatan daripada jumlah yang dibelanjakan untuk iklan.
Sebaliknya: Anda pembuatan uang.
Jika margin keuntungan Anda adalah angka negatif (kurang dari $ 0), Anda membelanjakan lebih banyak untuk iklan daripada jumlah pendapatan yang dihasilkan.
Sebaliknya: Anda kekalahan uang.
# 4: Memimpin
SEBUAH memimpin adalah orang yang menunjukkan minat pada produk atau layanan merek Anda — biasanya didefinisikan sebagai seseorang yang berlangganan atau memilih menggunakan alamat email mereka untuk menerima lebih lanjut terkait pemasaran dan penjualan korespondensi.
Setiap pelanggan email baru akan dihitung sebagai prospek.
Di sisi lain, jika Anda adalah bisnis eCommerce yang mengarahkan orang langsung ke halaman penjualan atau toko online Anda, Anda mungkin tidak memiliki pelanggan email.
Setiap pengunjung baru ke toko online Anda akan dihitung sebagai klik tautan.
# 5: Penghasilan per Prospek
Bergantung pada sisi persamaan mana Anda berada, hitung penghasilan per prospek (EPL) atau penghasilan per klik (EPC) Anda.
EPL adalah jumlah pendapatan yang dihasilkan dibagi dengan jumlah total prospek yang diperlukan untuk menghasilkan pendapatan tersebut. Jika bisnis Anda menghasilkan prospek (atau pelanggan atau semacam keikutsertaan) di mana proses penjualan Anda biasanya terjadi melalui email, Anda akan menggunakan EPL.
EPC adalah jumlah pendapatan yang dihasilkan dibagi dengan jumlah total klik situs web yang diperlukan untuk menghasilkan pendapatan tersebut. Jika Anda mengarahkan orang langsung ke halaman penjualan atau toko online Anda (bukan menjual melalui email), Anda akan menggunakan EPC.
Untuk menghitung EPL atau EPC Anda, Anda memerlukan dua hal:
- Nilai konversi pembelian Anda (metrik # 2 di atas)
- Jumlah prospek (atau klik) (metrik # 4 di atas)
Sekarang ambil nilai konversi pembelian dan bagi dengan jumlah total prospek (atau klik) untuk mendapatkan EPL atau EPC Anda:
Nilai Konversi Pembelian ÷ Jumlah Prospek (atau Klik) = Penghasilan per Prospek (atau Klik)
Jumlah dolar ini memberi tahu Anda berapa nilai setiap pelanggan baru yang mendaftar ke daftar email Anda atau masuk ke dalam proses penjualan Anda untuk bisnis Anda. Anda kemudian dapat menggunakan informasi ini untuk memperkirakan berapa banyak yang ingin Anda keluarkan untuk mendapatkan prospek (atau klik) baru karena Anda sekarang memahami nilainya bagi bisnis Anda.
Dapatkan Pelatihan Pemasaran YouTube - Online!
Ingin meningkatkan keterlibatan dan penjualan Anda dengan YouTube? Kemudian bergabunglah dengan pertemuan ahli pemasaran YouTube terbesar dan terbaik saat mereka berbagi strategi yang telah terbukti. Anda akan menerima petunjuk langsung langkah demi langkah yang difokuskan pada Strategi YouTube, pembuatan video, dan iklan YouTube. Menjadi pahlawan pemasaran YouTube untuk perusahaan dan klien Anda saat Anda menerapkan strategi yang mendapatkan hasil yang terbukti. Ini adalah acara pelatihan online langsung dari teman Anda di Penguji Media Sosial.
KLIK DI SINI UNTUK RINCIAN - PENJUALAN BERAKHIR 22 SEPTEMBER!# 6: Biaya per Prospek
Di sisi lain adalah biaya per prospek (CPL). Seperti pada persamaan di atas, jika bisnis Anda tidak menghasilkan prospek, ganti "prospek" dengan "klik" dalam perhitungan Anda.
CPL adalah jumlah yang Anda keluarkan untuk memperoleh tunggal prospek baru untuk bisnis Anda.
Untuk menghitung CPL, ambil jumlah total belanja iklan Facebook dan bagi dengan jumlah prospek yang dihasilkan belanja iklan:
Pembelanjaan Iklan ÷ Jumlah Prospek = Biaya per Prospek
Misalnya, jika Anda membelanjakan $ 130 untuk menghasilkan 100 prospek, CPL Anda adalah $ 1,30:
$130 ÷ 100 = $1.30
Jika EPL Anda $ 2,70 dan CPL Anda $ 1,30, Anda menghasilkan $ 1,40 untuk setiap prospek baru yang masuk ke saluran Anda. Dengan mempertimbangkan biaya variabel, Anda dapat menentukan berapa banyak prospek yang perlu Anda hasilkan dalam periode tertentu untuk mencapai sasaran pendapatan dan profitabilitas Anda.
Saat Anda menggunakan Peristiwa konversi piksel Facebook, Manajer Iklan akan melaporkan nomor ini kepada Anda secara otomatis di bawah kolom Biaya per Prospek.
# 7: Rasio Klik-Tayang
Metrik yang telah kita diskusikan hingga saat ini didasarkan pada hasil keseluruhan dari iklan Facebook Anda yang dikombinasikan dengan efektivitas proses penjualan Anda. Cara untuk secara efektif memanipulasi dan mengoptimalkan keseluruhan hasil dan metrik periklanan Anda adalah dengan memiliki strategi periklanan Facebook yang kuat yang membantu Anda mengubah perhatian menjadi pendapatan (dengan autopilot).
Terlepas dari keseluruhan proses penjualan Anda, rasio klik-tayang (RKT) Anda adalah indikator seberapa menarik teks iklan dan materi iklan Anda dengan audiens yang Anda targetkan dengan iklan Facebook Anda.
Facebook memiliki dua metrik CTR yang berbeda:
- CTR (Link Click-Through) adalah jumlah klik link oleh orang-orang yang telah melihat iklan Anda.
- RKT (Semua) adalah jumlah orang yang telah berinteraksi dengan iklan Anda secara umum. Itu bisa dengan menyukainya, mengomentarinya, membagikannya, menggesek korsel, atau mengklik tautan. Itu adalah campuran dari semua keterlibatan di iklan itu.
Saat menjalankan iklan umpan, saya biasanya menargetkan RKT lebih dari 1,5%. Jika RKT tautan kurang dari 1,5%, saya biasanya menyarankan Anda untuk kembali dan mengedit teks iklan dan materi iklan.
Iklan kolom sebelah kanan, di sisi lain, biasanya lebih jarang diklik daripada iklan feed. Selama iklan kolom kanan Anda mendapatkan RKT tautan 0,5%, Anda baik-baik saja. Jika tidak, silakan edit iklan tersebut juga.
Anda mungkin pernah mendengar tingkat keterlibatan dilempar sebagai metrik penting untuk dilacak. Dalam bahasa Facebook, tingkat keterlibatan Anda adalah RKPT Anda (Semua). Ini adalah total keterlibatan yang diterima pos iklan Anda dibagi dengan jumlah total tayangan:
Keterlibatan ÷ Tayangan = RKT (Semua)
Mirip dengan RKT tautan, Anda ingin orang-orang berinteraksi dengan iklan Anda karena tidak ada klik yang menghasilkan nol penjualan.
Cara Mengakses Metrik Iklan Facebook Ini di Manajer Iklan
Sekarang setelah Anda memahami tujuh metrik iklan Facebook yang penting ini, mari selami Manajer Iklan dan temukan di mana menemukannya.
Hal pertama yang Anda lihat saat membuka Manajer Iklan adalah dasbor umum Anda. Jika Anda melihat di bagian atas kolom, Anda hanya akan melihat dua metrik: Klik Tautan dan Pembelian Situs Web.
Jadi, di mana Anda menemukan metrik lainnya?
Cari tombol berlabel Kolom: Kinerja dan klik itu. Di menu tarik-turun, Anda akan melihat 13 tampilan pelaporan yang berbeda untuk dipilih.
Ada baiknya meluangkan waktu untuk membiasakan diri Anda dengan masing-masing, dari Pengiriman dan Keterlibatan Video hingga ke Penargetan dan Materi Iklan. Namun, Anda tidak akan menggunakan preset pelaporan ini karena metrik ada di mana-mana. Sebaliknya, buat tampilan pelaporan kustom Anda sendiri yang menyertakan metrik spesifik yang telah kita bicarakan hari ini.
Untuk melakukan ini, pilih Kustomisasi Kolom dari menu drop-down yang ditunjukkan di atas.
Jendela yang terbuka mencantumkan setiap metrik yang memungkinkan Facebook Anda untuk melacak dari salah satu iklan Anda. Anda dapat men-scroll semuanya jika Anda mau, tetapi karena Anda tahu metrik yang Anda cari, lebih mudah menggunakan fungsi Penelusuran untuk menemukannya.
Di bilah penelusuran, mulailah mengetik ROAS dan Anda akan melihat metrik ROAS Pembelian muncul. Pilih kotak centang di bawah Total (metrik # 1).
Setelah Anda memilih Total, Facebook secara otomatis menambahkan metrik ini ke kolom sebelah kanan. Jika Anda menggulir ke bawah ke bawah daftar, Anda akan melihat opsi untuk menunjukkan ROAS Pembelian Situs Web dan ROAS Pembelian Aplikasi Seluler. Saya sarankan untuk tidak mencentang kedua kotak kecuali Anda memiliki situs web dan aplikasi tempat Anda mencoba melacak kedua metrik secara terpisah.
Setelah Anda selesai dengan ROAS, lanjutkan ke Pembelian. Ketik "pembelian" di bilah pencarian dan opsi baru akan muncul. Di samping Pembelian, centang kotak Nilai dan Biaya (untuk nilai konversi pembelian [metrik # 2] dan biaya per pembelian [metrik # 3]).
Sekali lagi, metrik ini muncul di sisi kanan jendela. Pastikan untuk tidak memilih semua kotak centang di bawah Nilai Konversi Pembelian.
Selanjutnya adalah EPL Anda. Sayangnya, Anda tidak akan menemukan EPL Anda di dalam Pengelola Iklan karena ini adalah penghitungan manual. Ini adalah pendapatan total Anda dibagi dengan jumlah prospek yang Anda hasilkan dari iklan Facebook Anda (menggunakan rumus dari metrik # 5 di atas).
Namun Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menemukan jumlah prospek yang dihasilkan. Ya, itu sederhana — cukup tambahkan metrik prospek ke laporan khusus Anda. Ketik Prospek di bilah pencarian, lalu pilih kotak centang Total. Pilih juga kotak centang Biaya di sampingnya untuk menambahkan CPL (metrik # 6).
Hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mencari RKT (metrik # 7). Pilih kotak centang untuk RKT (Semua) dan RKT (Rasio Klik-Tayang Tautan).
Sebelum Anda menyimpan tampilan pelaporan kustom Anda sebagai preset, konfirmasikan bahwa tidak ada kotak centang di kolom sebelah kanan.
Kemudian di sudut kiri bawah jendela, pilih Simpan sebagai Preset dan ketik nama (seperti Metrik Paling Penting). Klik Terapkan di sudut kanan bawah untuk menerapkan perubahan Anda.
Sekarang Anda akan melihat di layar semua metrik yang telah kita bahas: ROAS, nilai konversi pembelian, biaya per pembelian, jumlah total prospek (untuk menentukan EPL Anda), CPL, dan CTR (untuk tautan dan semua keterlibatan di posting).
Tip Pro: Untuk menghemat waktu dalam menganalisis hasil iklan Anda, lihat tiga laporan kustom iklan Facebook untuk membantu Anda menganalisis dengan cepat kinerja iklan: Laporan Cuplikan ROI, Laporan Kemajuan Prospek, dan Laporan Keterlibatan.
Tonton videonya:
Kesimpulan
Kesalahan terbesar yang saya lihat terus-menerus dilakukan pemasar saat mengukur hasil iklan Facebook mereka adalah berpikir bahwa mereka harus melacak semuanya. Anda tidak perlu mengetahui setiap metrik di bawah matahari. Kami mulai dengan tujuh metrik sederhana hari ini dan metrik tersebut sudah terasa sangat rumit.
Namun, saya ingin meyakinkan Anda bahwa tidak perlu terlalu rumit. Beri diri Anda izin untuk masuk ke Manajer Iklan dan bereksperimen sekarang. Pemahaman Anda berasal dari implementasi (dan sedikit trial and error selama prosesnya).
Meskipun sekarang rasanya data ini tidak masuk akal bagi Anda, nanti bila Anda memiliki lebih banyak pengalaman di Manajer Iklan, Anda perlahan-lahan akan mulai memahami metrik yang penting dan cara menggunakannya untuk mengukur hasil Anda. Sabar saja dengan diri sendiri karena itu butuh waktu.
Bagaimana menurut anda? Bagaimana ketujuh metrik iklan Facebook ini membantu Anda meningkatkan kampanye? Bagikan pemikiran Anda di komentar di bawah.
Lebih banyak artikel tentang iklan Facebook:
- Cari tahu cara menggunakan iklan Facebook untuk menghasilkan penjualan dan prospek dengan cepat.
- Pelajari cara menggunakan fitur Pengoptimalan Banyak Teks Facebook untuk menyesuaikan iklan Anda dengan mudah untuk orang yang berbeda.
- Temukan cara menggunakan enam jenis iklan Facebook untuk menggerakkan orang lebih jauh di sepanjang perjalanan pelanggan.